• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Berita Video
Album Foto


Kolom Redaksi
PERCEPATAN DWELLING TIME
Pemerintah mentargetkan untuk menekan waktu sirkulasi barang sejak kapal sandar di dermaga hingga keluar pintu pelabuhan (dwelling time) dari 6 hari m(...)
Baca Selengkapnya
DUKUNGAN KEMENHUB BAGI JAMINAN KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TENGAH CUACA BURUK
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa cuaca buruk yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat akan berlangsung hin(...)
Baca Selengkapnya
REALISASI TARGET TAHUN 2013
Banyak yang memperkirakan tahun 2013 adalah tahun "suram" dengan alasan krisis utang di Eropa dan perlambatan ekonomi AS akan kian parah yan(...)
Baca Selengkapnya
Liputan Khusus
PERTAHANKAN KA KALIJAGA DEMI PENYEBARAN PERTUMBUHAN EKONOMI
(...)
Baca Selengkapnya
MERINDUKAN KEJAYAAN DRY PORT GEDE BAGE
(...)
Baca Selengkapnya
UPTD TANDES JAGA KEBERSIHAN UDARA KOTA SURABAYA
(...)
Baca Selengkapnya
Berita  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut    ATURAN TENTANG STANDAR PENGAWAKAN KAPAL NASIONAL AKAN DITINJAU KEMBALI Print
ATURAN TENTANG STANDAR PENGAWAKAN KAPAL NASIONAL AKAN DITINJAU KEMBALI

(Jakarta, 29/4/10) Pemerintah akan meninjau kembali aturan yang berkaitan dengan standar pengawakan kapal nasional sebagai salah satu langkah yang dilakukan dalam mengatasi krisis tenaga perwira pelaut dalam negeri yang terjadi saat ini. Aturan tersebut saat ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (KM) No. 70 tahun 1998 tentang Pengawakan Kapal Niaga. Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby R Mamahit menjelaskan, Indonesia saat ini kekurangan sedikitnya 18 ribu perwira pelaut untuk kebutuhan pelayaran dalam negeri. Hal itu seiring bertambahnya ribuan kapal di dalam negeri selama beberapa kurun terakhir ini.

”Tetapi revisi yang dilakukan bukan untuk mengurangi komposisi perwira di atas kapal. Revisi akan lebih kepada penyesuaian untuk kapal-kapal tertentu dan wilayah tertentu saja. Misalnya, untuk kapal-kapal yang beroperasi di dalam negeri dan pada jarak-jarak pendek, kita akan buat lebih detail lagi tentang standar pengawakannya. Intinya, kita ingin komposisi perwira yang ’cukup dan cakap’,” jelasnya dalam press background di Jakarta, Kamis (29/4). Bobby menegaskan, pemerintah tidak akan mengambil risiko dengan mengubah kebijakan yang bertentangan dengan aturan komposisi perwira kapal (ship’s manning) sebagaimana yang diatur dalam Bab V Pasal 14 konvensi internasional tentang keselamatan laut (SOLAS) International Maritime Organization (IMO).

”Revisi ini akan kita lakukan dengan sangat hati-hati dan dengan perhitungan yang sangat matang. Karena meski kita kekurangan pelaut, kita tidak mau standar keselamatan pelayaran kita korbankan. Untuk kapal yang beroperasi pada rute pelayaran internasional misalnya, itu pasti tidak akan kita utak-atik,” tegasnya. Masih terkait dengan meningkatkatnya jumlah kapal baru di Indonesia, lanjut dia, dispensasi terhadap tenaga pelaut asing juga akan diberikan pemerintah. ”Tetapi sifatnya hanya sementara, bukan selamanya. Kita tetap junjung tinggi azas cabotage. Masa tinggal mereka di kapal Indonesia akan disesuaikan dengan ketentuan keimigrasian. Paling lama hanya sekitar 12 bulan, dan itu akan lebih kepada transfer pengetahuan tentang kapal baru itu saja,” tandasnya. Di sisi lain, Bobby mengatakan, domain teknis upaya pemenuhan terhadap perwira pelaut ini sendiri akan menjadi tanggung jawab Badan Diklat Perhubungan.

Sebelumnya, Kepala Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Perhubungan Kementerian Perhubungan Dedi Darmawan mengungkapkan, lembaganya tengah menjalankan program pengayaan SDM pelaut dengan melaksanakan metode pendidikan singkat yang dinamakan ”crash program”. Program ini dikhususkan bagi pelaut-pelaut yang ingin mengambil sertifikat rating Ahli Nautika (ANT) III maupun Ahli Teknika (ATT) III. Program ini mempersingkat masa belajar siswa/taruna dari empat tahun menjadi 2,5 tahun. Dalam kurun tersebut, siswa akan mengenyam pendidikan teori selama 1,5 tahun di dalam kelas dan setahun praktek di atas kapal.
 
Dalam menjalankan program tersebut, Badan Diklat melakukan sinergi dengan asosiasi perusahaan pelayaran nasional INSA (Indonesian National Shipowner’s Association), utamanya dalam penyediaan tempat praktek kerja taruna/siswa. Sekurangnya, INSA akan menampung siswa/taruna yang akan menjalani praktek di kapal-kapal milik anggotanya selama kurun setahun, setelah mereka merampungkan pendidikan teori di dalam kelas. (DIP)
 

0
0
 


Komentar Anda


Nama
Email
Judul
Komentar
 
 
Jajak Pendapat
Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?
 
Total Responden 949
Prakiraan Cuaca Hari Ini
Hujan Ringan Banda Aceh
Hujan Ringan
23 - 31°C
Hujan Ringan Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Hujan Ringan Pekanbaru
Hujan Ringan
22 - 34°C
Berawan Batam
Berawan
25 - 32°C
Berawan Padang
Berawan
22 - 31°C
Berawan Jambi
Berawan
24 - 33°C
Berawan Palembang
Berawan
23 - 35°C
Berawan Pangkal Pinang
Berawan
25 - 33°C
Hujan Ringan Bengkulu
Hujan Ringan
24 - 32°C
Cerah Berawan Bandar Lampung
Cerah Berawan
22 - 34°C
Berawan Pontianak
Berawan
23 - 33°C
Berawan Samarinda
Berawan
24 - 34°C
Berawan Palangkaraya
Berawan
23 - 34°C
Cerah Berawan Banjarmasin
Cerah Berawan
23 - 35°C
Berawan Manado
Berawan
21 - 33°C
Cerah Berawan Gorontalo
Cerah Berawan
20 - 35°C
Hujan Ringan Palu
Hujan Ringan
24 - 35°C
Cerah Berawan Kendari
Cerah Berawan
20 - 32°C
Berawan Makassar
Berawan
21 - 35°C
Berawan Majene
Berawan
23 - 33°C
Cerah Berawan Ternate
Cerah Berawan
25 - 32°C
Berawan Ambon
Berawan
23 - 29°C
Cerah Berawan Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Cerah Berawan Sorong
Cerah Berawan
24 - 32°C
Cerah Berawan Biak
Cerah Berawan
22 - 31°C
Hujan Ringan Manokwari
Hujan Ringan
24 - 32°C
Cerah Berawan Merauke
Cerah Berawan
22 - 31°C
Cerah Kupang
Cerah
20 - 31°C
Cerah Berawan Sumbawa Besar
Cerah Berawan
21 - 35°C
Cerah Berawan Mataram
Cerah Berawan
22 - 31°C
Berawan Denpasar
Berawan
24 - 33°C
Hujan Ringan Jakarta
Hujan Ringan
23 - 33°C
Berawan Serang
Berawan
24 - 34°C
Berawan Bandung
Berawan
23 - 32°C
Cerah Berawan Semarang
Cerah Berawan
24 - 36°C
Cerah Yogyakarta
Cerah
23 - 33°C
Cerah Surabaya
Cerah
18 - 30°C


0 - 0°C
Site Stats
  • Total hits: 2.725.663
  • Hits bulan ini: 3.446
  • Hits minggu ini: 9.732
  • Hits hari ini: 193
Sejak tanggal 7 Juli 2011
PPID
Data
Pengadaan Barang dan Jasa
Web Link
Buku Informasi Transportasi
GIS DEPHUB
Statistik Perhubungan
Peta Prasarana Perhubungan