• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Berita Video
Album Foto


Kolom Redaksi
PERCEPATAN DWELLING TIME
Pemerintah mentargetkan untuk menekan waktu sirkulasi barang sejak kapal sandar di dermaga hingga keluar pintu pelabuhan (dwelling time) dari 6 hari m(...)
Baca Selengkapnya
DUKUNGAN KEMENHUB BAGI JAMINAN KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TENGAH CUACA BURUK
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa cuaca buruk yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat akan berlangsung hin(...)
Baca Selengkapnya
REALISASI TARGET TAHUN 2013
Banyak yang memperkirakan tahun 2013 adalah tahun "suram" dengan alasan krisis utang di Eropa dan perlambatan ekonomi AS akan kian parah yan(...)
Baca Selengkapnya
Liputan Khusus
PERTAHANKAN KA KALIJAGA DEMI PENYEBARAN PERTUMBUHAN EKONOMI
(...)
Baca Selengkapnya
MERINDUKAN KEJAYAAN DRY PORT GEDE BAGE
(...)
Baca Selengkapnya
UPTD TANDES JAGA KEBERSIHAN UDARA KOTA SURABAYA
(...)
Baca Selengkapnya
Berita  Direktorat Jenderal Perhubungan Udara  KEMENHUB TUNGGU HASIL INVESTIGASI KECELAKAAN PESAWAT LATIH DI CURUG Print
KEMENHUB TUNGGU HASIL INVESTIGASI KECELAKAAN PESAWAT LATIH DI CURUG

(Jakarta, 23/04/10) Kementerian Perhubungan saat ini tengah menunggu hasil investigasi kecelakaan tertabraknya sepeda motor oleh pesawat latih Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Bandara Budiarto, Curug, Tangerang, Banten, Senin (19/4) lalu. Menhub Freddy Numberi memastikan akan memberikan sanksi jika hasil investigasi menyebutkan adanya kelalaian yang dilakukan pengelola terkait sistem pengamanan bandara.
 
”Kita tunggu saja hasil penyelidikannya. Sanksi pasti akan kita berikan kalau terbukti ada kelalaian,” tegas Menhub Freddy di Jakarta, Jumat (23/4).
 
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti S Gumay yang dikonfirmasi terpisah menambahkan, indikasi pelanggaran yang dilakukan pihak pengelola bandara sudah terlihat sejak awal. Diduga kuat, sistem pengamanan bandara tidak berjalan maksimal sehingga menyebabkan kecelakaan itu bisa terjadi.
 
”Yang jadi masalah di sini bukan soal bandara dipagar atau tidak dipagar, tetapi lebih kepada sistem pengamanan bandara. Saat ini banyak kok bandara lain yang tidak dipagari, tetapi pengelolanya bisa mengantisipasi dari peristiwa semacam ini,” ujarnya.
 
Pemagaran sendiri, lanjut Herry, merupakan bagian dari teknis penjagaan yang dia maksud. ”Biar pun tidak dipagar, yang penting kan dijaga. Khususnya pada saat operasional. Teknisnya seperti apa, bisa macam-macam, bisa dijaga dengan pagar atau dijaga oleh petugas. Yang penting, bandara bisa steril saat operasi. Ini kembali lagi soal sistem pengamanan yang dibuat oleh pengelola bandara,” ungkapnya.
 
Dikatakannya, salah satu materi evaluasi dari investigasi yang dilakukan tim dari Ditjen Perhubungan Udara bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) adalah terkait sistem pengamanan bandara tersebut. Hingga kini, evaluasi tersebut masih berjalan. Untuk kepentingan penyelidikan, Herry mengaku telah menonaktifkan Agus Santosa selaku kepala Bandara Budiarto. Sedangkan bandara tetap dioperasikan secara normal. ”Sanksi pasti ada. Tetapi bentuknya seperti apa, kita tunggu hasil investigasi,” tandasnya.
 
Akibat kecelakaan di pagi hari itu, kedua pengendara sepeda motor yang tertabrak pesawat latih tersebut langsung tewas seketika di lokasi kejadian. Nasib serupa juga dialami instruktur penerbang Tesa Ariputra. Pria berusia 23 tahun yang mendampingi taruna latih Sephazka Abdilah (19) itu mengembuskan nafas terakhirnya setelah beberapa hari mengalami kritis di RS Siloam Gleaneagles Tangerang.
 
”(Jum’at) pagi tadi meninggalnya, sekitar pukul 09.00 WIB. Sedangkan taruna Sephazka Abdilah masih kritis di rumah sakit,” jelas Kepala Badan Diklat Perhubungan Dedi Darmawan saat dikonfirmasi. Dia menambahkan, akibat peristiwa itu, pesawat latih berjenis TB-10 buatan Prancis tahun 2003 beregistrasi PK-AGU yang digunakan korban untuk berlatih tersebut rusak parah. ”Pesawat total loss, tidak bisa dipakai lagi karena kerusakannya sudah sangat parah,” imbuhnya, seraya berharap peristiwa semacam itu tidak terulang lagi di kemudian hari. (DIP)


0
0
 

Berita Terkait
Komentar Anda


Nama
Email
Judul
Komentar
 
 
Jajak Pendapat
Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?
 
Total Responden 949
Prakiraan Cuaca Hari Ini
Hujan Ringan Banda Aceh
Hujan Ringan
23 - 31°C
Hujan Ringan Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Hujan Ringan Pekanbaru
Hujan Ringan
22 - 34°C
Berawan Batam
Berawan
25 - 32°C
Berawan Padang
Berawan
22 - 31°C
Berawan Jambi
Berawan
24 - 33°C
Berawan Palembang
Berawan
23 - 35°C
Berawan Pangkal Pinang
Berawan
25 - 33°C
Hujan Ringan Bengkulu
Hujan Ringan
24 - 32°C
Cerah Berawan Bandar Lampung
Cerah Berawan
22 - 34°C
Berawan Pontianak
Berawan
23 - 33°C
Berawan Samarinda
Berawan
24 - 34°C
Berawan Palangkaraya
Berawan
23 - 34°C
Cerah Berawan Banjarmasin
Cerah Berawan
23 - 35°C
Berawan Manado
Berawan
21 - 33°C
Cerah Berawan Gorontalo
Cerah Berawan
20 - 35°C
Hujan Ringan Palu
Hujan Ringan
24 - 35°C
Cerah Berawan Kendari
Cerah Berawan
20 - 32°C
Berawan Makassar
Berawan
21 - 35°C
Berawan Majene
Berawan
23 - 33°C
Cerah Berawan Ternate
Cerah Berawan
25 - 32°C
Berawan Ambon
Berawan
23 - 29°C
Cerah Berawan Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Cerah Berawan Sorong
Cerah Berawan
24 - 32°C
Cerah Berawan Biak
Cerah Berawan
22 - 31°C
Hujan Ringan Manokwari
Hujan Ringan
24 - 32°C
Cerah Berawan Merauke
Cerah Berawan
22 - 31°C
Cerah Kupang
Cerah
20 - 31°C
Cerah Berawan Sumbawa Besar
Cerah Berawan
21 - 35°C
Cerah Berawan Mataram
Cerah Berawan
22 - 31°C
Berawan Denpasar
Berawan
24 - 33°C
Hujan Ringan Jakarta
Hujan Ringan
23 - 33°C
Berawan Serang
Berawan
24 - 34°C
Berawan Bandung
Berawan
23 - 32°C
Cerah Berawan Semarang
Cerah Berawan
24 - 36°C
Cerah Yogyakarta
Cerah
23 - 33°C
Cerah Surabaya
Cerah
18 - 30°C


0 - 0°C
Site Stats
  • Total hits: 2.725.754
  • Hits bulan ini: 3.537
  • Hits minggu ini: 9.823
  • Hits hari ini: 284
Sejak tanggal 7 Juli 2011
PPID
Data
Pengadaan Barang dan Jasa
Web Link
Buku Informasi Transportasi
GIS DEPHUB
Statistik Perhubungan
Peta Prasarana Perhubungan