• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Berita Video
Album Foto


Kolom Redaksi
PERCEPATAN DWELLING TIME
Pemerintah mentargetkan untuk menekan waktu sirkulasi barang sejak kapal sandar di dermaga hingga keluar pintu pelabuhan (dwelling time) dari 6 hari m(...)
Baca Selengkapnya
DUKUNGAN KEMENHUB BAGI JAMINAN KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TENGAH CUACA BURUK
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa cuaca buruk yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat akan berlangsung hin(...)
Baca Selengkapnya
REALISASI TARGET TAHUN 2013
Banyak yang memperkirakan tahun 2013 adalah tahun "suram" dengan alasan krisis utang di Eropa dan perlambatan ekonomi AS akan kian parah yan(...)
Baca Selengkapnya
Liputan Khusus
PRAMEKS DAPAT PSO, PENGLAJU BISA BERHEMAT
Pemerintah memberikan publik service obligation (PSO) tahun 2014 kepada PT Kereta Api Indonesia untuk mengangkut orang dengan kereta api kelas ekonomi(...)
Baca Selengkapnya
DAMRI, BUS PERINTIS ANDALAN MASYARAKAT PEDALAMAN SUMBAWA
Jam di tangan sudah menunjukkan pukul 20.15 WIT. Malam itu cuaca sangat cerah, bintang bertebaran diangkasa. belasan orang, tua maupun muda, wanita ma(...)
Baca Selengkapnya
SAPI PUN BUTUH KAPAL YANG LAYAK
PALU --- Siang itu matahari sangat terik. Hembusan angin laut tak mampu mengurangi panas yang menggigit kulit. Yang terjadi justru hembusan angin memb(...)
Baca Selengkapnya
Berita  Direktorat Jenderal Perhubungan Udara  HARGA TIKET PESAWAT KE PADANG DITETAPKAN MAKSIMUM RP 1 JUTA Print
HARGA TIKET PESAWAT KE PADANG DITETAPKAN MAKSIMUM RP 1 JUTA

(Jakarta, 01/10/09) Departemen Perhubungan menetapkan harga maksimum untuk tiket pesawat terbang tujuan Jakarta-Padang bagi seluruh maskapai yang melayani rute tersebut Rp 1 juta per penumpang. Kebijakan ini berlaku mulai Sabtu (3/10) hingga kurun dua bulan ke depan.

”Keputusan ini hasil keputusan bersama seluruh airlines, dalam rangka penanggulangan bencana. Semuanya sepakat, harga maksimal Rp 1 juta per penumpang itu net, bersih, sudah termasuk pajak dan lain-lain,” jelas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Herry Bakti S Gumay saat dihubungi ketika menginspeksi Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Jumat (3/10) petang.

Penetapan batas tarif maksimum hingga dua bulan ke depan ini, sambungnya, menyesuaikan pada hasil keputusan rapat kabinet terbatas yang dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla, tentang lama waktu recovery gempa Sumatera hingga dua bulan.

Menurut Herry, penyepakatan tentang harga maksimum tiket bagi penumpang pesawat ini sebagai jawaban atas keluhan masyarakat terkait variasi harga yang ditetapkan maskapai, di mana sejumlah maskapai dinilai menetapkan harga di atas batas kewajaran dan mengambil kesempatan di balik musibah untuk meraup keuntungan.

”Jika ada maskapai yang tidak patuh terhadap komitmen ini dan menetapkan tarif maksimum di atas Rp 1 juta, akan langsung kami beri sanksi. Saat itu juga, rute penerbangan regulernya ke sana akan kami cabut. Kalau ada maskapai yang memasang harga di bawah Rp 1 juta, itu lebih bagus,” tegas Herry.
 
Sebagai kompensasi atas penetapan batas maksimum tarif tersebut, imbuh Herry Bakti, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng dan Bandara Minangkabau Padang, akan membebaskan biaya Pelayanan Jasa Penerbangan (PJP) bagi maskapai serta airport tax atau Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) bagi penumpang.

Biaya Penerbangan Relawan dan Kargo Gratis

Herry Bakti menambahkan, selain menyepakati batas maksimum harga tiket, sejumlah maskapai juga memberikan pelayanan cuma-cuma untuk jasa pengangkutan kargo bagi bantuan korban gempa sebesar 2 ton pada setiap penerbangan.

”Batavia dan Mandala Airlines sudah siap untuk mengangkut kargo gratis bagi korban bantuan pada setiap penerbangan ke Padang. Selain itu, Cardig Air juga memberikan keringanan hanya akan menarik biaya tarif dasar operasi mereka untuk setiap pengangkutan kargo bantuan ke Padang,” paparnya.
 
Manajemen Mandala Airlines dalam siaran pers resminya menyebutkan, fasilitas kargo gratis untuk mengangkut obat-obatan, makanan dan minuman yang akan diberikan bagi korban gempa di Padang. Program kargo gratis ini akan dilakukan selama 14 hari, mulai tanggal 3 Oktober sampai dengan 16 Oktober.
 
”Ini adalah program Mandala bekerjasama dengan Posko Dephub. Fasilitas ini setiap harinya bisa dimanfaatkan bagi para donatur, baik individu maupun organisasi, untuk mengirimkan sumbangannya bagi korban gempa di tanah Minang,” ujar Head of Corporate Communication Mandala Airlines Trisia Megawati KD. ”Segenap keluarga besar Mandala turut berduka sedalam-dalamnya bagi keluarga korban gempa di Tanah Minang,” lanjutnya.

Herry Bakti juga menyebutkan, maskapai lain yang juga membuka layanan pengangkutan kargo gratis adalah Indonesia Air Asia dan Batavia Airlines. ”Indonesia Air Asia misalnya, Minggu (4/10) besok akan juga membuka penerbangan charter ke Padang gratis khusus bagi para relawan dan kargo hingga 1,5 ton. Kalau Batavia, membuka penerbangan gratis selama seminggu. Sedangkan Garuda Indonesia, memberikan potongan harga 50 persen bagi relawan, pers, dan lain-lain maksimal 25 seats setiap flight,” jelasnya.

Manajemen Garuda Indonesia dalam siaran persnya menyebutkan, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) akan memberikan potongan harga sebesar 50 persen bagi para tenaga relawan. Garuda Indonesia memberikan potongan harga sebesar 50 persen bagi wartawan yang akan melakukan peliputan  ke Padang dengan menyampaikan copy kartu identitas. Pelaksanaan pembelian tiket hanya dapat dilakukan di kantor penjualan Garuda Indonesia.

”Bagi masyarakat yang ingin menitipkan bantuan bagi korban gempa di Padang, bisa mengantarkannya ke Posko Dephub di Terminal 1D dan Terminal Kargo Bandara Soetta,” pungkas Herry Bakti. (DIP)


0
0
 


Komentar Anda


Nama
Email
Judul
Komentar
 
 
Jajak Pendapat
Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?
 
Total Responden 905
Prakiraan Cuaca Hari Ini
Hujan Ringan Banda Aceh
Hujan Ringan
22 - 32°C
Hujan Ringan Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Cerah Berawan Pekanbaru
Cerah Berawan
22 - 34°C
Hujan Ringan Batam
Hujan Ringan
25 - 32°C
Hujan Ringan Padang
Hujan Ringan
22 - 31°C
Berawan Jambi
Berawan
23 - 33°C
Hujan Ringan Palembang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Berawan Pangkal Pinang
Berawan
25 - 33°C
Berawan Bengkulu
Berawan
24 - 32°C
Berawan Bandar Lampung
Berawan
23 - 33°C
Hujan Sedang Pontianak
Hujan Sedang
23 - 33°C
Berawan Samarinda
Berawan
25 - 33°C
Cerah Berawan Palangkaraya
Cerah Berawan
22 - 33°C
Cerah Berawan Banjarmasin
Cerah Berawan
23 - 35°C
Berawan Manado
Berawan
21 - 34°C
Berawan Gorontalo
Berawan
22 - 34°C
Cerah Berawan Palu
Cerah Berawan
23 - 35°C
Cerah Berawan Kendari
Cerah Berawan
20 - 31°C
Cerah Berawan Makassar
Cerah Berawan
22 - 34°C
Cerah Berawan Majene
Cerah Berawan
23 - 33°C
Hujan Ringan Ternate
Hujan Ringan
24 - 31°C
Berawan Ambon
Berawan
23 - 29°C
Cerah Berawan Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Hujan Ringan Sorong
Hujan Ringan
24 - 31°C
Hujan Ringan Biak
Hujan Ringan
22 - 31°C
Hujan Ringan Manokwari
Hujan Ringan
24 - 31°C
Cerah Berawan Merauke
Cerah Berawan
22 - 31°C
Cerah Kupang
Cerah
20 - 33°C
Cerah Berawan Sumbawa Besar
Cerah Berawan
21 - 34°C
Cerah Berawan Mataram
Cerah Berawan
21 - 31°C
Berawan Denpasar
Berawan
24 - 32°C
Berawan Jakarta
Berawan
23 - 33°C
Berawan Serang
Berawan
24 - 35°C
Berawan Bandung
Berawan
21 - 32°C
Cerah Berawan Semarang
Cerah Berawan
23 - 35°C
Cerah Berawan Yogyakarta
Cerah Berawan
22 - 33°C
Cerah Surabaya
Cerah
23 - 34°C


0 - 0°C
Site Stats
  • Total hits: 2.690.328
  • Hits bulan ini: 34.052
  • Hits minggu ini: 8.327
  • Hits hari ini: 978
Sejak tanggal 7 Juli 2011
PPID
Data
Pengadaan Barang dan Jasa
Web Link
Buku Informasi Transportasi
GIS DEPHUB
Statistik Perhubungan
Peta Prasarana Perhubungan