• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Berita Video
Album Foto


Kolom Redaksi
PERCEPATAN DWELLING TIME
Pemerintah mentargetkan untuk menekan waktu sirkulasi barang sejak kapal sandar di dermaga hingga keluar pintu pelabuhan (dwelling time) dari 6 hari m(...)
Baca Selengkapnya
DUKUNGAN KEMENHUB BAGI JAMINAN KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TENGAH CUACA BURUK
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa cuaca buruk yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat akan berlangsung hin(...)
Baca Selengkapnya
REALISASI TARGET TAHUN 2013
Banyak yang memperkirakan tahun 2013 adalah tahun "suram" dengan alasan krisis utang di Eropa dan perlambatan ekonomi AS akan kian parah yan(...)
Baca Selengkapnya
Liputan Khusus
PRAMEKS DAPAT PSO, PENGLAJU BISA BERHEMAT
Pemerintah memberikan publik service obligation (PSO) tahun 2014 kepada PT Kereta Api Indonesia untuk mengangkut orang dengan kereta api kelas ekonomi(...)
Baca Selengkapnya
DAMRI, BUS PERINTIS ANDALAN MASYARAKAT PEDALAMAN SUMBAWA
Jam di tangan sudah menunjukkan pukul 20.15 WIT. Malam itu cuaca sangat cerah, bintang bertebaran diangkasa. belasan orang, tua maupun muda, wanita ma(...)
Baca Selengkapnya
SAPI PUN BUTUH KAPAL YANG LAYAK
PALU --- Siang itu matahari sangat terik. Hembusan angin laut tak mampu mengurangi panas yang menggigit kulit. Yang terjadi justru hembusan angin memb(...)
Baca Selengkapnya
Berita  Direktorat Jenderal Perkeretaapian    PROYEK PERKERETAAPIAN INISIASI SWASTA TETAP WAJIB TENDER Print
PROYEK PERKERETAAPIAN INISIASI SWASTA TETAP WAJIB TENDER

Demikian ditegaskan Direktur Jenderal Perkeretaapian Departemen Perhubungan Wendy Aritenang Yazid dalam jumpa pers di kantornya, Jumat (18/7). "Mekanismenya memang demikian. Tender untuk menentukan perusahaan yang akan melaksanakan proyek tersebut, wajib dilakukan. Ini proyek investasi, bukan pengadaan, acuannya berbeda," terang Wendy.

Diungkapkan, hal itu dapat dilihat pada proyek pembangunan kereta api bandara Soekarno-Hatta. Proyek tersebut diinisasi oleh PT Railink yang merupakan perusahaan patungan antara PT Angkasa Pura II dan PT Kereta Api. "Jadi, sekalipun perusahaan itu merupakan anak perusahaan BUMN dan telah mengerjakan persiapan proyek sejak 2006, namun proyek itu tetap akan dilelang. PT Railink sendiri telah memastikan akan ikut lelang tersebut," ujarnya. Namun, lanjut Wendy, kepada pihak swasta yang menjadi inisiator atas rencana kerja tersebut diberikan hak preferensi sebesar 10 persen dari nilai penawaran yang diajukan. Karena, perusahaan itu wajib melakukan studi kelayakan terlebih dahulu terhadap rencana pembangunan yang akan diajukannya agar disetujui pemerintah.

Nilai preferensi tersebut nantinya akan diakumulasikan dengan nilai penawaran yang diajukan perusahaan terkait, tatkala proses lelang dilakukan. Nilai preferensi ini sendiri bisa dikatakan sebagai modal tambahan bagi perusahaan swasta pengusung ide atas apa yang telah dilakukannya.

Sebagai contoh, perusahaan yang menjadi pencetus ide mengusulkan sebuah rencana pembangunan yang nilai pembangunannya mencapai Rp 100 miliar. Kemudian, dalam proses lelang, perusahaan tersebut membuka penawaran sebesar Rp 75 miliar. Dengan penambahan preferensi 10 persen tersebut, maka secara otomatis nilai penawarannya itu akan meningkat menjadi Rp 82,5 miliar.

"Jadi, ketika ada perusahaan peserta lelang lain yang mengajukan penawaran Rp 80 miliar, maka perusahaan pengaju usulan itulah yang akan menang," jelas Wendy.

Ditambahkan, bila dalam proses lelang pesertanya hanya satu, yaitu pihak swasta penginisiasi proyek, maka prosedur pelelangan akan mengikuti pengaturan dalam regulasi. Di antaranya adalah melakukan negosiasi terhadap peserta tunggal yang akan ditunjuk untuk mengerjakan tersebut. "Agar proyek itu tetap menguntungkan negara," ujarnya.

Wendy menjelaskan, minat swasta pada angkutan perkeretaapian sangat tinggi, terutama di Sumatera Selatan dan Kalimantan. Saat ini, menurutnya, sejumlah investor swasta sedang melakukan studi untuk pembangunan prasarana angkutan batubara di kedua wilayah.

Nippon Koei, Pathway Internasional dan Ras Al Khaimah, adalah sejumlah perusahaan swasta yang telah menyatakan minatnya untuk mengerjakan pembangunan proyek-proyek tersebut. Nilai investasi per proyek rata-rata berkisar antara Rp 8 triliun- Rp 12 triliun. "Sejumlah usulan-usulan di antaranya sudah disetujui Dephub, tinggal melaksanakan proses pelelangannya," ujarnya. (DIP)

0
0
 


Komentar Anda


Nama
Email
Judul
Komentar
 
 
Jajak Pendapat
Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?
 
Total Responden 880
Prakiraan Cuaca Hari Ini
Hujan Ringan Banda Aceh
Hujan Ringan
21 - 31°C
Hujan Ringan Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Cerah Berawan Pekanbaru
Cerah Berawan
22 - 34°C
Berawan Batam
Berawan
25 - 32°C
Cerah Berawan Padang
Cerah Berawan
21 - 31°C
Berawan Jambi
Berawan
23 - 33°C
Berawan Palembang
Berawan
24 - 34°C
Berawan Pangkal Pinang
Berawan
25 - 33°C
Hujan Ringan Bengkulu
Hujan Ringan
23 - 31°C
Berawan Bandar Lampung
Berawan
21 - 35°C
Berawan Pontianak
Berawan
23 - 33°C
Hujan Ringan Samarinda
Hujan Ringan
24 - 32°C
Cerah Berawan Palangkaraya
Cerah Berawan
22 - 33°C
Berawan Banjarmasin
Berawan
23 - 33°C
Berawan Manado
Berawan
20 - 32°C
Berawan Gorontalo
Berawan
23 - 34°C
Cerah Berawan Palu
Cerah Berawan
23 - 35°C
Cerah Berawan Kendari
Cerah Berawan
20 - 31°C
Cerah Berawan Makassar
Cerah Berawan
20 - 35°C
Cerah Berawan Majene
Cerah Berawan
25 - 32°C
Berawan Ternate
Berawan
23 - 31°C
Hujan Ringan Ambon
Hujan Ringan
23 - 28°C
Hujan Ringan Jayapura
Hujan Ringan
23 - 32°C
Berawan Sorong
Berawan
24 - 31°C
Hujan Ringan Biak
Hujan Ringan
22 - 31°C
Berawan Manokwari
Berawan
25 - 32°C
Cerah Berawan Merauke
Cerah Berawan
22 - 31°C
Cerah Kupang
Cerah
19 - 35°C
Cerah Berawan Sumbawa Besar
Cerah Berawan
21 - 36°C
Cerah Berawan Mataram
Cerah Berawan
22 - 32°C
Berawan Denpasar
Berawan
22 - 32°C
Cerah Berawan Jakarta
Cerah Berawan
23 - 34°C
Berawan Serang
Berawan
23 - 33°C
Berawan Bandung
Berawan
21 - 32°C
Cerah Berawan Semarang
Cerah Berawan
23 - 35°C
Berawan Yogyakarta
Berawan
20 - 31°C
Cerah Berawan Surabaya
Cerah Berawan
23 - 34°C


0 - 0°C
Site Stats
  • Total hits: 2.732.436
  • Hits bulan ini: 76.160
  • Hits minggu ini: 13.787
  • Hits hari ini: 7.036
Sejak tanggal 7 Juli 2011
PPID
Data
Pengadaan Barang dan Jasa
Web Link
Buku Informasi Transportasi
GIS DEPHUB
Statistik Perhubungan
Peta Prasarana Perhubungan