Transportasi memainkan peran penting sebagai fasilitator pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di suatu negara. Transportasi yang efisien dan terintegrasi memungkinkan pergerakan barang dan orang dengan mudah, meningkatkan aksesibilitas, dan konektivitas antarwilayah. Hal ini pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi, membuka peluang bisnis baru, dan mengurangi biaya distribusi barang.

Dalam memenuhi kebutuhan mobilitas manusia dan barang secara berkelanjutan, pengembangan transportasi harus menjangkau daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) dan perbatasan. Daerah ini memiliki kondisi geografis, sosial, ekonomi dan budaya yang kurang berkembang dibandingkan daerah-daerah lain dalam skala nasional.

Memiliki wilayah daratan dan lautan, beberapa daerah di Indonesia berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini. Sesuai dengan amanat pembangunan nasional, masyarakat di daerah perbatasan perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah, termasuk tersedianya infrastruktur dan sistem transportasi.

Sebagai bentuk komitmen terhadap masyarakat di perbatasan, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka sejumlah rute transportasi baik darat, laut, maupun udara dari dan ke negara-negara tetangga melintasi perbatasan. Pelaksanaan angkutan lintas batas negara (ALBN) di Kalimantan Barat menjadi contoh konkret bagaimana upaya pemerintah mengakomodir kebutuhan mobilitas orang maupun barang dan jasa.

Selain membahas peran negara dalam menghadirkan layanan transportasi di wilayah perbatasan, majalah Transmedia Edisi 2 kali ini juga mengulas fungsi Kemenhub dalam memastikan keselamatan kendaraan listrik melalui uji tipe dan bengkel konversi. Kemudian, bagaimana pemanfaatan Bandara Kertajati pada musim haji tahun ini. Edisi kali ini juga menyajikan artikel khas liputan di Singkawang dan Pontianak yang terkenal akan akulturasi budayanya. Anda juga dapat memperoleh informasi ringan lainnya seputar dunia transportasi pada rubrik Transiklopedia.

Simak selengkapnya melalui tautan berikut:

transmedia-edisi-2-tahun-2023.pdf

Selamat membaca!