Di Indonesia, penerapan konsep transportasi maju, berdaya saing, dan berkelanjutan sudah dilakukan pemerintah bersama stakeholder terkait pada moda transportasi jalan, air, udara, dan rel. Pengembangan masing-masing moda transportasi mengadopsi teknologi transportasi terkini, seperti yang juga diterapkan di negara-negara maju dan berkembang.


Sistem transportasi yang dimiliki Indonesia saat ini mampu sejajar bahkan bersaing dengan negara-negara yang terlebih dulu maju sistem transportasinya. Sebagai contoh, Indonesia sekarang sudah memiliki jaringan Kereta Rel Listrik (KRL), Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Rel Terpadu (LRT) dan kereta cepat. Jaringan transportasi massal berbasis jalan di Indonesia juga telah mengadopsi konsep Bus Rapid Transit (BRT), skema Buy the Service (BTS), serta penggunaan kendaraan listrik bagi transportasi umum.

Edisi kali ini juga menyajikan artikel khas liputan di Papua yang kental dengan warisan budaya dan kehidupan tradisional. Anda juga dapat memperoleh informasi ringan lainnya seputar dunia transportasi pada rubrik Transklopedia.


Transmedia edisi 3 selengkapnya dapat disimak melalaui tautan berikut:

transmedia-edisi-3-tahun-2023.pdf

Selamat membaca!