Sektor pariwisata jadi salah satu penyumbang devisa besar bagi negara. Fakta di lapangan menyebutkan, destinasi wisata di Indonesia merupakan salah satu wishlist para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Tersedianya jaringan transportasi yang memadai menjadi syarat mutlak pengembangan pariwisata di dalam negeri. Ketersediaan jaringan transportasi yang baik, seperti jalur udara, kereta api, serta sistem jalan raya, memungkinkan wisatawan untuk mencapai destinasi wisata dengan efisien.

Dalam konteks ini, Kemenhub menetapkan standar pelayanan minimum (SPM) yang mencakup aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan. Sedangkan dalam implementasinya, Kemenhub menggandeng pihak terkait dalam mengatasi hambatan di lapangan seperti kemacetan, cuaca, dan bentuk kegawatdaruratan lain.

Pada edisi ini, tim Transmedia juga sudah menyusun beragam artikel menarik tentang penyelenggaraan transportasi di tanah air. Adapun informasi ringan lainnya dapat Anda lihat pada rubrik Trans Internasional, Trans Sejarah, Trans Sehat, Trans Hijau, dan Trans Teknologi.

Selamat membaca!

Transmedia edisi 4 selengkapnya dapat disimak melalui tautan berikut ini:

transmedia-edisi-4-tahun-2023.pdf